DI-Smart AVR System (Sistem Minimum Mikrokontroler AVR ATMEGA8535) | Maskuri Pati Indonesia



Deskripsi:
DI-Smart AVR System adalah sebuah modul elektronika yang berdasar pada rangkaian sistem minimum mikrokontroler AVR (sismin AVR) ATMEGA8535 seperti pada gambar 3. Modul ini pun dapat digunakan sebagai sistem minimum mikrokontroler AVR lain yang pin-pin-nya bersesuaian dengan mikrokontroler ATMEGA8535, seperti mikrokontroler ATMEGA16 dan mikrokontroler ATMEGA32. Modul sistem minimum mikrokontroler AVR ini telah dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat mempermudah proses pembelajaran atau proses “troubleshooting” pemrograman.

=
Gambar 1. DI-Smart AVR System.
Dimensi PCB:
98.2mm(X) x 93.5mm(Y) x 1.9mm(Z)
Aplikasi:
  • DI-Smart AVR System yang berdasar pada sistem minimum mikrokontroler AVR ATMEGA8535 ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pemrograman mikrokontroler AVR.
  • Modul dengan sistem minimum mikrokontroler AVR ini sangat baik difungsikan sebagai CPU (Central Processing Unit) atau Pengendali dalam berbagai macam sistem: sistem instrumentasi, sistem robotika, dan otomasi-otomasi yang lainnya.
Spesifikasi:
  • Dapat digunakan sebagai sistem minimum mikrokontroler AVR untuk tipe ATMEGA8535(L), ATMEGA16(L), ATMEGA32(L), ATMEGA163(L), ATMEGA323(L).
  • Menggunakan XTAL 11.0592MHz.
  • Dilengkapi rangkaian regulator 5V dan dioda pengaman dengan konektor DC yang mudah dihubungkan dengan Adaptor-DC.
  • Dilengkapi rangkaian antarmuka (interface) Max232 sehingga dapat langsung dihubungkan pada PORT SERIAL / COM PORT komputer.
  • Koneksi ADC sudah disiapkan (AVCC, AGND, dan AREF) sehingga sistem sudah siap untuk menerima input ANALOG pada PORTA.
  • Tersedia Array LED pada PORTC, dan Push-ON pada PORTD.2 dan PORTD.3 sehingga cocok untuk latihan pemrograman atau pengecekkan program (DEBUG).
Kelengkapan Produk:
  • 1 buah DI-Smart AVR System
  • 1 buah kabel konektor IDC-10
  • 1 Lembar Penjelasan Produk
Seulas Teori “Sistem Minimum Mikrokontroler:
Sistem minimum mikrokontroler adalah sistem elektronika yang terdiri dari komponen-komponen dasar yang dibutuhkan oleh suatu mikrokontroler untuk dapat berfungsi dengan baik. Pada umumnya, suatu mikrokontoler membutuhkan dua elemen (selain power supply) untuk berfungsi: Kristal Oscillator (XTAL), dan Rangkaian RESET. Analogi fungsi Kristal Oscillator adalah jantung pada tubuh manusia. Perbedaannya, jantung memompa darah dan seluruh kandungannya, sedangkan XTAL memompa data. Dan fungsi rangkaian RESET adalah untuk membuat mikrokontroler memulai kembali pembacaan program, hal tersebut dibutuhkan pada saat mikrokontroler mengalami gangguan dalam meng-eksekusi program. Pada sistem minimum AVR khususnya ATMEGA8535 terdapat elemen tambahan (optional), yaitu rangkaian pengendalian ADC: AGND (= GND ADC), AVCC (VCC ADC), dan AREF (= Tegangan Referensi ADC). Jangan lupa tambahkan konektor ISP untuk mengunduh (download) program ke mikrokontroler. Rangkaian sistem minimum mikrokontroler AVR ATMEGA8535 dapat dilihat pada gambar berikut:
Gambar 3. Rangkaian Sistem Minimum Mikrokontroler AVR ATMEGA8535
Datasheet Komponen yang Digunakan dalam DI-Smart AVR System:
Materi Pembelajaran:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »