Pindahkan Kontak dari Nokia (Symbian) ke Android

Wah udah lama ga nge post disini.  Karena lagi banyak banyaknya tugas + ujian.  -malah curhat- hehee..  kali ini mencoba menulis bertemakan Android. Ga usah yang susah susah dulu, masih amatiran..hehe.  Kali ini kita bahas gimana caranya mindahin kontak dari hape Nokia yang bersistem operasi Symbian ke hape Android
Si Robot Ijo
Si Robot Ijo
Sebenernya udah banyak yang bahas sih di internet, udah lama juga malah.  Tapi gapapa, sekalian buat catatan saya aja.  Banyak cara yang bisa dilakukan.  Saya akan merangkumnya dalam 2 mode, yaitu offline sama online.

ONLINE

Ini cara yang paling mudah menurut saya, dengan syarat temen temen udah punya akun google (karena kita akan memanfaatkan fasilitas google contact) dan yang jelas Hape nokia temen – temen bisa melakukan koneksi data/internet.  Silakan masuk ke dalam mode sinkronisasi.  Saya menggunakan hape nokia tipe C5-00 .  Maaf sebelumnya ga bisa menampilkan skrinsut, karena belom tau caranya kalo di nokia C5 hihihi.  Masuk ke Menu -> Pengaturan -> konektivitas -> sinkron.  Setelah itu checklist bagian kontak.  Masuk ke menu pilihan -> edit profil sinkronisasi.  Masukkan parameter yang dibutuhkan :
  • server / host : https://m.google.com/syncml  (ingat ya, pake HTTPS)
  • server ID : Google (G awal menggunakan huruf kapital)
  • server version : 1.2
  • port : 443
  • Database : contact
  • username : Menggunakan alamat google temen temen (penulisan lengkap, misal alamat.email@gmail.com)
  • password : password akun gmail
Jika sudah selesai, masuk ke pilihan, lalu pilih sinkronisasi, maka proses sinkronisasi berlangsung.  Pastikan semua berjalan dengan lancar.
Setelah itu, kita pindah ke device Android.  Saya menggunakan Lenovo S560.  Masuk ke kontak, lalu menu, lalu pilihan impor/ekspor.
Menu
Menu
Setelah itu, pilih sumber tujuan / source.  Dengan catatan Email temen temen udah di daftarkan di device Android temen temen.
Pilih Sumber
Pilih Sumber
Lalu pilih kemana kontak itu akan disalin / disimpan.
Pilih Tempat Penyimpanan Kontak
Pilih Tempat Penyimpanan Kontak
Setelah itu, pilih kontak yang akan disalin.  Ingat ya, ini membutuhkan koneksi internet agar HP bisa mengambil data dari server google. :)
Pilih Kontak yang akan disalin
Pilih Kontak yang akan disalin
Selesai untuk yang cara online :)

OFFLINE

Untuk cara offline, temen temen harus mempunyai aplikasi Nokia PC Suite dan NBU explorer.  Untuk mendownloadnya bisa klik disini untuk Nokia PC suite dan disini untuk NBU Explorer.
Setelah semua siap, hubungkan dahulu hape nokia temen temen ke komputer.  Lakukan backup hanya untuk kontak saja agar tidak terlalu banyak.
Buat cadangan / backup di nokia suite
Buat cadangan / backup di nokia suite
Pilih kontak
Pilih kontak
Setelah itu, cari file nbu yang sudah jadi, lalu bongkar menggunakan nbu explorer.  Pilih File -> open pada nbu explorer, cari file nbu nya.  Setelah terbuka, maka akan terlihat seperti berikut.
file nbu dibuka menggunakan nbu explorer
file nbu dibuka menggunakan nbu explorer
Nah, pilih file kontak yang berada di sebelah kanan, lalu kopi ke sebuah folder.  Kalau ingin semua kontak dikopi/salin, seleksi semua lalu klik kanan-> export selected file(s) to .. lalu pilih folder yang dituju.
File vcf hasil dari pengambilan menggunakan nbu explorer
File vcf hasil dari pengambilan menggunakan nbu explorer
Sebenarnya file vcf tersebut sudah dapat di import langsung ke Android, tapi karena jumlahnya sangat banyak, maka kita jadikan satu file agar mudah waktu peng-import-an.
Buka command prompt, bisa menggunakan tombol windows lalu ketik cmd.  Stelah itu masuk ke direktori dimana folder kontak tadi disimpan.  Lalu berikan perintah
1
copy *.vfc semua.vcf
Perintah untuk mengkopi semua file vcf ke satu file vcf
Perintah untuk mengkopi semua file vcf ke satu file vcf
Maksudnya mengkopi isi semua file yang mempunyai format .vcf ke dalam semua.vcf ,  artinya nanti semua hasil pengkopiannya dimasukkan kedalam file semua.vcf .  Temen temen boleh membuat nama file sendiri, asal jangan menimpa file yang sudah ada. :)
JIka sudah, silakan cari file semua.vcf di dalam folder tadi.  Setelah itu pindahkan file tersebut ke ponsel Android temen temen.  Masuk ke kontak, pilih menu, lalu pilih import/ ekspor.
Pilih import / eksport
Pilih import / eksport
Setelah itu pilih tempat dimana tadi file semua.vcf di simpan.
Pilih tempat dimana file semua.vcf disimpan
Pilih tempat dimana file semua.vcf disimpan
Pilih kemana kontak akan disimpan.
Pilih tempat untuk menyimpan
Pilih tempat untuk menyimpan
Selesai..semua kontak akan otomatis di kopi :)
Hasil import an
Hasil import an
Demikian dari saya, ada kurang lebihnya mohon dimaafkan.  Segala pertanyaan atau komentar boleh ngisi kolom komentar dibawah :)
semua sudah saya coba sendiri dan bisa :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »